Kamis, 01 Oktober 2009

RAMBU-RAMBU LOMBA KARYA ILMIAH SISWA KOTA SEMARANG TAHUN 2009

DINAS PENDIDIKAN KOTA SEMARANG
LOMBA KARYA ILMIAH SISWA
TAHUN 2009

TEMA KARYA ILMIAH
“POTENSI EKOSISTEM DAERAHKU UNTUK SUMBER ENERGI NASIONAL”

LATAR BELAKANG
Setiap bangsa memerlukan energi untuk mengembangkan kehidupan, peradaban dan kebudayaannya. Secara tradisional bangsa Indonesia telah memanfaatkan ekosistem sebagai sumber energy sebelum ditemukan bahan bakar minyak dan listrik. Selama berabad-abad nenek moyang bangsa Indonesia melakukan pelayaran, membangun candi, dengan memanfaatkan energy yang tersedia di alam.
Di dalam ekosistem terdapat unsur-unsur lingkungan yang menyediakan energy terbarukan dan tidak terbarukan.
Sumber Energi yang Terbarukan
  • Bentang alam : laut dan angin menyediakan energy untuk transportasi perahu layar, sungai sebagai media transportasi dan tenaga listrik. Sinar matahari memberikan energi untuk memproses bahan makanan dan memasok energi kebutuhan rumah tangga.
  • Keanekaragaman hayati : lembu, kuda, kerbau untuk transportasi darat dan tenaga di lading. Aneka macam tanaman seperti jarak, singkong, tebu dan lain-lain untuk bahan dasar bioenergi.
  • Bahan limbah organik kayu kering dan kotoran hewan untuk bahan bakar rumah tangga. Sampah dapat dijadikan briket untuk cadangan energy pemanas maupun sarana memasak.

Sumber Energi yang Tidak Terbarukan
Batubara dan minyak bumi yang merupakan fosil hayati untuk sumber energi yang digunakan masyarakat selama ini, diperkirakan akan habis dalam waktu yang relatif singkat. Maka perlu digali berbagai potensi sumber energi yang ramah lingkungan dalam bentuk inovasi, kreatifitas dan terobosan baru, maupun penyadaran pada kebijakan tradisional, sehingga sumber energy potensial tersebut dapat disajikan untuk masyarakat luas.
Setiap daerah mempunyai berbagai potensi sumber energi, baik yang sudah termanfaatkan maupun yang masih perlu digali, diolah dan dikembangkan. Setiap siswa diharapkan mampu mengenali, memahami dan mengembangkan informasi yang terkait dalam pengelolaan ekosistem ini sebagai kontribusi daerahnya untuk memenuhi kebutuhan energi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

TUJUAN
  • Meningkatkan interaksi siswa dengan alam di daerah masing-masing dalam upaya memenuhi kebutuhan energy nasional.
  • Mendorong para siswa melakukan terobosan inovatif untuk mencari teknologi energi tradisional maupun alternatif yang lebih efisien dan ramah lingkungan.
  • Menemukan cara-cara yang inovatif dalam memenuhi kebutuhan energi pada tingkat lokal/daerah maupun nasional.
  • Menggali berbagai peluang yang tersedia dan mengingatkan kembali untuk melestarikan sumber-sumber energi tradisional, dan selektif dalam pemanfaatan energi modern.
  • Meningkatkan apresiasi dan kreatifitas siswa SMK dalam memahami, mendokumentasikan dan memanfaatkan potensi ekosistem di daerah masing-masing, sebagai sumber energi.
PENILAIAN
  • Relevansi Bahasan dengan Tema Lomba : tulisan menampilkan fokus yang terarah sesuai dengan tema POTENSI EKOSISTEM DAERAHKU UNTUK SUMBER ENERGI NASIONAL, sehingga dapat memberikan inspirasi dan manfaat bagi masyarakat luas.
  • Makalah :
    Teknik penulisan makalah harus mengikuti aturan yang sudah ditentukan oleh panitia lomba. Peserta lomba diharapkan dapat menggali informasi/data sebanyak mungkin dari berbagai sumber yang dapat dipertanggungjawabkan untuk mendukung tulisannya, dengan disertai penyebutan bahan sumber data.
  • Presentasi :
    Setiap makalah wajib dipresentasikan di hadapan tim penilai dan para undangan. Penilaian dalam presentasi diutamakan pada kejujuran peserta dalam menyusun makalah dan mempertanggungjawabkan. Peserta diharapkan menguasai materi, serta mampu menyajikan dengan menarik dan kreatif. Untuk presentasi ini peserta boleh menampilkan proses dan alur kerja dalam bentuk poster untuk dipamerkan selama lomba berlangsung.
Aspek yang dinilai meliputi :
  • Relevansi bahasan dengan tema lomba dengan bobot 10%
  • Makalah :
    1. Teknik penulisan dengan bobot 10%
    2. Kekayaan informasi/substansi dengan bobot 20%
    3. Akurasi/kebenaran bahan dengan bobot 20%
  • Presentasi
    1. Integritas/kejujuran dengan bobot 20%
    2. Penguasaan materi dengan bobot 10%
    3. Kreatifitas dan ketepatan menjawab dengan bobot 10%
OUTPUT KARYA ILMIAH SISWA SMK 2009 :
  1. Karya ilmiah siswa terbaik yang mampu memberikan inspirasi dalam penyediaan energi untuk masyarakat
  2. Munculnya kearifan lokal dalam penyediaan dan pengelolaan energi yang ramah lingkungan
  3. Terkumpulnya informasi tertulis dari berbagai sekolah SMK di Kota Semarang.
Sebagai ilustrasi contoh-contoh karangan yang diharapkan :
  1. Siswa secara jeli mampu menghitung energi yang diperlukan untuk menetaskan telur melalui mesin inkubator dibandingkan jika telur menetas secara alamiah.
  2. Siswa secara kritis dapat menghitung energi yang diperlukan untuk membajak sawah dengan traktor dibandingkan dengan tenaga kerbau.
  3. Siswa mampu mengkritisi penggunaan energi secara poporsional dan efisien.
  4. Siswa mampu mengkritisi bagaimana harus hidup hemat.
  5. Siswa dapat mendeskripsi potensi sumber-sumber energi hayati yang dimanfaatkan secara tradisonal maupun alternatif.
PESERTA
  1. Peserta adalah siswa SMK kelas X atau XI semua bidang keahlian di lingkungan dinas pendidikan Kota Semarang.
  2. Peserta merupakan team yang terdiri dari satu atau dua orang, dibimbing oleh satu orang guru pembimbing dan sepengetahuan kepala sekolah.
METODE PENGGALIAN INFORMASI
Informasi dapat digali dari perpustakaan, penelitian, maupun melalui percobaan langsung, dengan memperhatikan :
  1. Lokasi/tempat ekosistem yang berpotensi sebagai sumber energi.
  2. Nara sumber/tokoh/penduduk setempat yang kompeten.
  3. Perpustakaan, Media dan Akses Internet/Website.
  4. Lembaga/Perusahaan Pemerintah/Swasta.
  5. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

PROSES SELEKSI
Proses seleksi dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Setiap sekolah diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu naskah KIS yang telah ditandatangani guru pembimbing dan mengetahui kepala sekolah.
  2. Naskah diserahkan ke panitia rangkap 3 (tiga)
  3. Naskah yang dikirim dibawa langsung oleh peserta/guru pembimbing dan dikumpulkan paling lambat hari Selasa tanggal 13 Oktober 2009 Pukul 14.00 WIB di SMK Negeri 8 Semarang, Jalan Pandanaran II/12 Semarang.
  4. Presentasi dan tanya jawab hasil karya di hadapan dewan juri dilaksanakan hari Kamis tanggal 15 Oktober 2009 Pukul 08.00 s.d selesai. Durasi waktu presentasi (termasuk demonstrasi alat bila diperlukan) untuk setiap peserta 30 menit termasuk tanya jawab dengan dewan juri.
  5. Seluruh peserta membawa peralatan dan bahan yang akan digunakan pada saat lomba/presentasi. Panitia hanya menyediakan LCD, laptop, dan sound system.
  6. Temu teknik akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 7 Oktober 2009 di SMK Negeri 9 Semarang Pukul 09.00 WIB.
TIM JURI
Team juri berjumlah 3 (tiga) orang terdiri dari unsur akademisi, peneliti dan praktisi.

PENILAIAN LOMBA
Komponen yang dinilai dalam lomba mencakup makalah/karya tulis dan presentasi/wawancara. Bobot penilaian untuk makalah/karya tulis adalah 55 dan prestasi/wawancara adalah 45.

SERTIFIKASI DAN PENGHARGAAN
  1. Semua peserta lomba dan Pembimbing KIS akan memperoleh sertifikat dari Panitia.
  2. Pemenang lomba akan mewakili Kota Semarang di Lomba KIS Tingkat Provinsi Jawa Tengah – Tahun 2009.
KETENTUAN TEKNIS
Karya Ilmiah Siswa (KIS) adalah :
  1. Tulisan yang dibuat oleh tim penulis yang terdiri dari dua orang siswa sepengetahuan guru pembimbing dan kepala sekolah,
  2. Tulisan menampilkan fokus yang terarah sesuai dengan tema yang ditetapkan panitia, yaitu : ”POTENSI EKOSISTEM DAERAHKU UNTUK SUMBER ENERGI NASIONAL”.
  3. Karya ilmiah dilengkapi dengan bukti-bukti berupa foto, gambar, film, slide, dan atau bentuk lain yang dapat dipertanggungjawabkan : proses atau alur kerja dapat diperagakan dalam bentuk poster, yang dipamerkan selama kegiatan lomba berlangsung.
  4. Naskah karya ilmiah menggunakan bahasa Indonesia dan atau bahasa Inggris yang baik dan benar, karya ilmiah diserahkan ke panitia dan dewan juri dalam bentuk makalah tertulis.
  5. Naskah karya ilmiah diketik di atas kertas ukuran A4, menggunakan ukuran huruf (font) 12, dengan jarak spasi 1,5 spasi, jarak garis tepi (margin) kiri 3 cm, tepi atas, kanan, dan bawah masing-masing 2,5 cm.
  6. Jumlah halaman efektif (tidak termasuk halaman judul, daftar isi/tabel/lampiran, kata pengantar dan lampiran) maksimal 15 halaman.

ALAMAT PANITIA
Panitia Pelaksanaan Lomba KIS Kota Semarang Tahun 2009.
Sekretariat :
SMK N 8 Semarang, Jl. Pandanaran II/12 Semarang.
Telp. : (024) 8312190
Contact Person : Ardan Sirodjuddin, S.Pd. (HP. 081390220602)

TATA TERTIB PESERTA LOMBA
  1. Peserta dinyatakan sah apabila telah mendaftarkan diri dengan melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan panitia.
  2. Mengikuti temu teknik pada hari Rabu tanggal 7 Oktober 2009 pukul 09.00 s.d. selesai di SMK Negeri 8 Semarang.
  3. Peserta wajib hadir 15 menit sebelum lomba dimulai.
  4. Peserta wajib menandatangani daftar hadir yang disediakan panitia
  5. Peserta wajib mengikuti semua tahapan lomba
  6. Saat presentasi peserta menggunakan seragam sekolah.
  7. Peserta dilarang meninggalkan area lomba tanpa seijin panitia
  8. Pada saat presentasi, peserta boleh menonton peserta lain tetapi tidak boleh mengganggu ataupun bertanya/membantu memberikan jawaban pada peserta lain.
  9. Peserta wajib membawa peralatan sendiri untuk presentasi
  10. Peserta wajib mentaati tata tertib ini.

PENUTUP
Demikian ketentuan umum tentang penyelenggaraan lomba KIS, jika ada perubahan tentang hal-hal/ketentuan lomba akan disampaikan pada saat temu teknik.

2 komentar:

  1. Terima kasih atas infonya

    BalasHapus
  2. MG.Eko Sri Windaryati12 Oktober 2009 pukul 05.00

    Pak Ardan ada ralat dalam lembar informasi tertulis Temu Teknik Rabu di SMKN 9 pukul 09.00. Harusnya di SMKN 8 Rabu 7 Oktober 2009. Pemenang tingkat kota akan maju ke Prov pada KIS 2010 bukan 2009. Jadwal presentasi perlu dimunculkan. Trims

    BalasHapus